Resep Roti Maryam Empuk Asli Enak

Resep roti maryam Salman NCC empuk dan lembut asli enak banget disajikan pada bulan puasa untuk berbuka puasa Ramadhan sebagai menu takjil. Sekilas roti maryam mirip dengan Roti Canai atau roti cane, dan Roti Prata. Konon juga seketurunan dengan roti Paratha dari India Utara atau bahkan Kerala Porotta dari India Selatan. Bahan dasarnya kurang lebih sama, yakni tepung terigu, air, telur dan mentega/lemak/gee. Bentuk ketiganya kalau dilihat juga sama, yakni rata atau ceper/pipih, bulat/bundar dan rasanya gurih karena ada lemaknya. Di India sendiri roti jenis ini menjadi makanan rakyat sehari-hari, dan seolah lekat dengan tradisi mereka. Dan biasanya menjadi sarapan pagi atau juga sebagai camilan larut malam. Paratha masih sekeluarga dengan nan dan dosa/ thosai.

Roti canai merupakan makanan populer di Malaysia. Aslinya roti ini dimakan dengan dhal . Terkadang ditaburi gula atau susu kental manis. Namun seiring dengan kondisi budaya dan selera, maka bermunculan jenis canai lainnya. Seperti roti telur, roti tisu, roti bawang, roti boom, roti planta, roti sardin, roti kaya, roti cheese dan lain sebagainya. Pendampingnyapun bisa berupa kari ayam, kari daging, kari kambing atau campur. Roti canai banyak dijual di warung-warung kakilima pinggir jalan maupun rumah makan mamak (India muslim). Pendek kata roti canai menjadi makanan universal, khususnya keturunan India maupun Melayu. Di Kuala Lumpur kita bezakan jenis roti canai yang kosong dengan yang dimasak dengan telur. Yang dimasak dengan telur kami menggelarnya “roti JANTAN”, kebanyakannya digemari oleh sang lelaki.

Roti Prata Singapura sejatinya sama dengan yang di Malaysia, hanya saja faktor kekosmopolitan negara kota ini mengakibatkan ragamnya juga sedikit berbeda. Roti prata dengan citarasa bawang, pisang, coklat, durian dan keju. Variasi-variasi ini lebih dikenal dengan nama bahannya seperti onion prata atau cheese prata. Selain itu ada juga versi yang lebih manis dan renyah seperti bentuk kertas atau tisu, dibentuk seperti contong (cone) dan ditaburi gula.

Di Indonesia sendiri, jenis paratha ini lebih dikenal dengan nama roti maryam atau roti cane atau roti canai. Asal-usulnya kurang lebih sama, tapi lebih didominasi orang-orang keturunan Arab. Awalnya roti maryam hanya dijumpai dikampung-kampung Arab dengan roti maryam khas Arab atau di rumah-rumah makan khas Timur Tengah. Menurut tradisi, roti maryam disajikan dengan ditaburi gula atau madu untuk roti maryam manis bila ingin rasa manis, dan gulai kacang hijau atau gulai kambing untuk roti maryam asin. Berikut resep roti maryam ncc empuk asli paling enak siapa tahu Anda mau bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) atau untuk jualan atau usaha bisnis roti maryam siapa tahu bisa terkenal dan sukses seperti gerai roti maryam salman.

Resep Roti Maryam Empuk

Bahan :

  • 300 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdm gula halus
  • 1 sdt garam
  • 1 sachet susu bubuk ukuran kecil
  • 1 butir telur
  • 150 cc air hangat
  • 50 cc minyak goreng

Cara Membuat Roti Maryam Empuk :

  1. Campur minyak goreng, telur dan juga air.
  2. Aduk aduk bahan tersebut diatas dengan menggunakan garpu. Aduk rata.
  3. Masukkan tepung terigu protein tinggi, garam, sus bubuk. Uleni hingga kalis.
  4. Bagi adonan menjadi 10 bagian dan bulatkan. Kemudian rendam adonan tersebut kedalam baskom berisi minyak goreng tutup dengan serbet bersih. Diamkan selama kurang lebih 1 jam.
  5. Giling adonan sampai tipis, bentuk oval panjang. Olesi tipis-tipis dengan mentega blueband atau merk lain.
  6. Gulung menjadi gulungan panjang. Bentuk kerucut keatas.
  7. Diamkan sebentar kemudian giling lagi dengan ketebalan 1/2 cm.
  8. Panaskan wajan datar anti lengket yang telah diolesi dengan sedikit margarin, goreng hingga kecokelatan.
  9. Angkat dan beri topping sesuai selera anda.
  10. Sajikan dengan sesuka hatimu tergantung seleramu, bisa dengan taburan gula halus, madu, atau dengan gulai kari ayam atau kari daging sapi atau kambing.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *