Resep Bedda Lotong Khas Bugis Lulur Rempah

Posted by: teti  :  Category: Skincare

Resep Bedak Lotong Khas Bugis. Lulur bedak lotong merupakan lulur tradisional yang berbahan alami. Hal ini dapat dilihat dari komposisi bahan dasar lulur yang terdiri dari ketan hitam, kunyit, temulawak, kencur dan minyak zaitun. Kandungan ketan hitam yang ada di bedak lotong kaya akan mineral, serat, antioksidan membantu regenerasi kulit yang cocok untuk semua jenis kulit. Lulur bedak lotong kini mulai dipasarkan di swalayan dan supermarket seperti lulur bedak lotong Glumory, Wardah, Sariayu dan beberapa merk lainnya. Bahkan beberapa merk bedak lotong muncul variasi baru dengan mencampurkan dengan bahan asam Jawa. Asam Jawa diyakini memiliki kandungan asam tatrat, asam suksinat, sitrat. Jenis-jenis asam ini mempunyai kandungan Aktivysitas alpha hydroxyacid atau AHA. Dengan cara pakai bedak lotong secara benar inilah bedak lotong yang mempunyai khasiat dan manfaat lebih.

Resep Bedak Lotong Khas Bugis

Gambar Illustrasi Bedak Lotong Khas Bugis

Cara Membuat Bedak Lotong Khas Suku Bugis

Berikut ini adalah cara membuat bedak lotong khas suku bugis.Membuat bedak lotong bukan merupakan sesuatu yang sulit lho. Kamu bisa melakukannya dari bahan-bahan alami di rumah, sangat terjangkau, dan aman karena menggunakan bahan alami. Jika kamu tertarik, baik simak cara pembuatannya berikut resep bedak lotong khas Bugis asli.

Resep Bedda Lotong

Bahan-bahan :

  • 500 g ketan hitam. Pertama-tama kamu harus cuci bersih ketan hitam yang sudah disiapkan kemudian tiriskan
  • 1 rimpang temulawak yang sudah diparut
  • 1 sendok makan cengkeh
  • 4 lembar daun pandan. Kemudian kamu cincang menjadi bagian yang lebih kecil
  • 3 atau 4 buah jeruk parut. Jika kamu tidak memiliki jeruk parut, kamu bisa mengubahnya dengan 2 jeruk nipis dan 1 buah lemon
  • 1 bengkuang yang sudah diparut

Cara Membuat Bedda Lotong :

  1. Setelah bahan-bahan sudah disiapkan, kemudian kamu melakukan cara membuat bedak lotong berikut ini.
  2. Langkah pertama adalah sangrai ketan hitam dan daun pandan yang sudah di cincang sampai ketan hitam mengembang dan hangus. Kamu bisa memprosesnya selama 45 menit sampai satu jam.
  3. Setelah disangrai, ketan hitam dan daun pandan dibiarkan dingin selama beberapa menit kemudian dipindahkan ke wadah.
  4. Setelah itu, campurkan asam jawa dengan air (secukupnya) dengan kisaran air sebanyak 750ml sampai 1 liter. Kemudian remas asam jawa lalu saring. Lalu tambahkan cengkeh atau kayu manis.
  5. Aduk rata semua bahan yang sebelumnya sudah diolah, kemudian remas bahan tersebut.
  6. Setelah itu masukkan air asam jawa dan cengkeh atau kayu manis ke dalam beras ketan hitam, aduk rata dan diamkan selama 24 jam.
  7. Setelah 24 jam didiamkan, tekstur campuran dari ketan hitam dan air asam jawa akan lembut. Namun, jika belum lembut kamu bisa gunakan bantuan blender.
  8. Setelah itu bedak lotong siap untuk digunakan untuk wajah dan tubuh Anda.

Cara Pakai Bedak Lotong

Melangsir dari Glumory. Cara memakai bedak lotong mudah dan ada 2 cara yang bisa Anda coba. Pertama: mula-mula bersihkan badan dengan sabun sampai bersih. Anda dapat menggunakan dan menggosok ke badan dalam kondisi lembab sebagai body scrub Cara seperti itu memudahkan ramuan bedak lotong meresap ke kulit. Kedua: Olesi tubuh dengan massase oil baru kemudian dioleskan bedak lotong. Atau dengan mengoleskan bedak lotong ke seluruh tubuh diamkan beberapa menit. Langkah selanjutnya diamkan sejenak, kemudian gosok secara merata untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel pada tubuh dan bersihkan dengan air sampai bersih. Cara pakai bedak lotong dengan metode sederhana yaitu siapkan wadah bersih, lalu tuangkan bedak lotong secukupnya dan campurkan dengan air perbandingan 1:3 sampai tercampur rata. Setelah itu oleskan pada tubuh pakai kuas atau tangan secara merata dan diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air. Itulah ulasan singkat tentang cara pakai bedak lotong yang dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Facebook Comments

Leave a Reply

Comments are closed.