7 Makanan Tradisional Khas Sunda Menjadi Populer di Sinetron Preman Pensiun

7 Makanan Tradisional Khas Sunda Menjadi Populer di Sinetron Preman Pensiun sebagai camilan rakyat Indonesia. Film Sinetron preman pensiun 1 telah berhasil mengambil hati pemirsa televisi di Indonesia umumnya dan khususnya di sunda, Bandung, Jawa Barat.

Memang tujuannya :

Preman pensiun adalah jenis film situasi komedi (sitkom) yang ditayangkan perdana pada 12 Januari 2015. Pada season 1, sinetron ini menyajikan 36 episode dan berakhir pada 24 Februari 2015. Selanjutnya, sinetron ini disambung dengan season 2. Inilah mungkin sinetron yang menjadi media hiburan baru masyarakat ditengah tayangan-tayangan televisi yang sekarang ini lebih menonjolkan tayangan pertarungan elite politik; sitkom yang lebay; ataupun bencana dan musibah yang tak kunjung henti.

Seblak Basah http://carabuatresep.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-seblak-basah-pedas-enak.html

Seblak basah adalah kerupuk mentah yang sengaja dibantatkan memang sedang populer sebagai cemilan sunda Jawa Barat di kota Bandung. Bisa dimasak tumis, kering dan kuah. Aneka variasinya yaitu seblak kering setan, ceker, mie, jamur, makaroni, dll.

Kue Cubit http://carabuatresep.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-kue-cubit-ala-abang-gome.html

Kue cubit merupakan jajanan populer di Jakarta. Kue berukuran kecil ini (diameter sekitar 4cm) biasa dijajakan di depan sekolah oleh pedagang kaki lima. Kue cubit menggunakan campuran susu dan tepung terigu sebagai komponen utamanya. Adonan dimasukkan dalam cetakan baja, dan dalam beberapa menit telah masak.

Kue ini mendapatkan namanya karena kue yang matang diambil dengan alat penjepit oleh si pedagang, sehingga seperti dicubit.

Kicimpring

kicimpring adalah makanan yang tidak terlalu familiar. Meski begitu kecimpring selalu menjadi produk andalan toko oleh-oleh di Bandung. Kecimpring hampir ada di seluruh toko oleh-oleh di Bandung. Jika Anda singgah di Bandung, Anda tidak perlu khawatir kesulitan menemukan kecimpring karena kecimpring telah banyak tersedia di seluruh toko oleh-oleh di Bandung. Kecimpring memang tidak populer namun kecimpring salah satu oleh-oleh khas Bandung yang tidak kalah diminati dibandingkan dengan oleh-oleh khas Bandung lainnya. Rasanya yang renyah, manis dan gurih membuat kecimpring menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli dari Bandung.

Kecimpring dibuat dari bahan dasar singkong. Salah satu kuliner Bandung yang berasa renyah ini tidaklah terlalu rumit cara pembuatannya. Cara pembuatan kecimpring dimulai dari memarut singkong dengan parut. Dulunya para pembuat kecimpring memarut singkong dengan parut manual. Namun seiring dengan perkembangan jaman, para pembuat kecimpring memarut singkong menggunakan mesin parut listrik. Metode parut listrik ini semakin memudahkan para pembuat kecimpring untuk memproduksi kecimpring dalam jumlah yang banyak. Selesai diparut, singkong yang sudah diparut dicampurkan dengan bumbu dan kemudian dikukus dalam loyang. Adonan yang telah dikukus dipotong dan kemudian dijemur selama 4-6 jam dibawah terik matahari yang panas. Jika matahari tidak terik, penjemuran harus dilakukan lebih lama. Langkah terakhir adalah penggorengan dan pengemasan kecimpring.

Kecimpring diolah dalam berbagai rasa. Biasanya para penjual kecimpring memproduksi kecimpring dengan varian rasa manis, manis pedas dan gurih. Harga kecimpring yang biasanya diberikan para penjual kecimpring adalah 12 ribu sampai 20 ribu rupiah. Biasanya harga ini tergantung pada rasa dari kecimpring yang dipesan. Jajanan khas Bandung kecimpring ini memang tidak populer seperti jajanan khas Bandung lainnya. Namun para produsen kecimpring seringkali menerima banyak sekali pesanan kecimpring, tidak hanya dari warga Bandung sendiri tapi juga dari berbagai pelosok negeri. Hal inilah yang membuat para produsen kecimpring tidak pantang menyerah untuk tetap memproduksi kecimpring sekaligus melestarikan kuliner Bandung.

Borondong Ketan

Borondong adalah makanan khas tradisional Sunda, terbuat dari beras ketan atau jagung yang disangan dijadikan pop corn terlebih dahulu. Setelah menjadi pop corn dibersihkan terlebih dahulu cangkangnya, kemudian dicampurkan dengan kinca gula merah atau kinca gula pasir dibentuk bulat-bulat atau persegi.

Ada dua jenis borondong yaitu borondong garing (borondong kering) dan borondong enten. Borondong garing dibuat dengan mencampur kinca dengan sangan jagung/ beras ketan dan dibentuk. Borondong enten dibuat dengan cara membuat enten terlebih dahulu dari beras ketan. Enten adalah sejenis wajik, beras ketan yang diolah dengan gula sehingga padu. Enten ketan dibentuk bulat-bulat lalu diselubungi dengan sangan jagung.

Untuk menambah aroma pada borondong, ditambahkan pewangi dari buah nanas atau buah mangga jenis kweni. Borondong disajikan dengan teh hangat sebagai makanan ringan.

Surabi aneka rasa

Surabi atau dalam bahasa sunda disebut dengan kue surabi adalah sejenis kue tradisional yang memiliki berbagai macam rasa. Mulai dari rasa manis, hingga rasa yang gurih. Surabi biasanya dilengkapi dengan berbagai macam toping. Tak hanya dari bandung, di daerah Solo juga memiliki kue khas tradisional yang diberi nama serabi. Namun untuk serabi Solo, bentuknya lebih tipis dan juga memiliki rasa yang lebih manis. Sedangkan untuk surabi khas dari kota bandung cenderung memiliki bentuk yang lebih tebal dan juga rasa yang lebih gurih

Kue balok http://carabuatresep.blogspot.com/2015/04/cara-membuat-kue-balok-garut.html

Kue balok adalah penganan yang secara penampilan mirip kue pukis, namun yang ini berbeda dari segi isi dan rasa. Jika kue pukis isinya lembut, maka kue balok isinya padat sehingga memakannya bisa mengenyangkan perut. Makanya tidak heran jika kue balok sering menjadi sarapan pagi orang yang tidak sempat makan.

Salah satu pedagang kue balok yang terkenal adalah kue balok di Pasar Cihapit. Pasar Cihapit sesuai namanya terletak di jalan Cihapit, Bandung. Di jalan ini ada pasar tradisionil, nah di pasar itulah ada pedagang kue balok. Jalan Cihapit juga terkenal sebegai sentra penjualan barang bekas.

Cilok Bandung http://carabuatresep.blogspot.com/2015/03/cara-membuat-cilok-bumbu-kacang-bandung.html

Cilok adalah sebuah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tapioka yang kenyal dengan tambahan bumbu pelengkap seperti sambal kacang, kecap, dan saus. Cilok bentuknya bulat-bulat seperti bakso, hanya saja berbeda bahan dasarnya. Terdapat telur atau daging cincang di dalamnya, karena terbuat dari bahan dasar tapioka maka cilok terasa kenyal saat dikonsumsi.

Bahan baku resep cilok bandung antara lain tepung kanji, bumbu bawang, dan beberapa bahan lainnya. Lalu campurkan dengan daging ayam atau sapi dengan menggunakan air. Kemudian direbus dan dibentuk bulat-bulat kecil seperti pentol bakso. Aneka variasi cilok bandung yang sekarang sedang booming adalah resep cilok goreng dengan tusuk sate.

Selain itu ada resep kue seroja, resep es goyobod, resep peuyeum ketan, resep colenak, resep rengginang, dll makanan dan minuman ini sengaja diangkat untuk tambah populer, sebenarnya sudah populer tapi semenjak adanya sinetron preman pensiun menjadi tambah terkenal dan semakin banyak dibicarakan orang. http://carabuatresep.blogspot.com/2015/05/cara-membuat-es-goyobod-khas-bandung.html

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *