Resep Soto Kudus Pakai Daging Kerbau?

Resep Soto Kudus Pakai Daging Kerbau?. Indonesia memang punya macam-macam jenis menu sajian soto. Pantas Indonesia jika dijuluki Negara 1001 Soto. Karena hampir setiap daerah memiliki ciri khas tersendiri dalam sajian sotonya.

Soto Kudus adalah salah satu sajian yang cukup populer, terutama karena bisa dijumpai di berbagai daerah. Keunikan soto ini adalah jenis daging yang digunakan di dalamnya, karena soto Kudus tidak hanya menggunakan daging ayam dan sapi saja, akan tetapi juga memakai daging kerbau.

Anda ingin mencoba resep soto Kudus dengan daging kerbau? Daging hewan ini memang sudah sering disajikan dalam berbagai hidangan din Indonesia, akan tetapi cara pengolahannya berbeda dengan daging sapi ataupun daging ayam. Beberapa perbedaan antara daging sapi dengan daging kebo adalah :

  1. Warna daging kerbau lebih gelap dan menyala (merah manggis) dibandingkan daging sapi. Selain itu, lemak daging kerbau biasanya lebih sedikit daripada lemak daging sapi.
  2. Serat daging kerbau lebih besar dan padat dibandingkan daging sapi, sedangkan struktur serat daging sapi terlihat lebih halus.
  3. Serat daging kerbau yang lebih padat dari daging sapi membuatnya lebih liat dan membutuhkan waktu masak yang lebih lama dibandingkan daging sapi. Misalnya, daging sapi perlu direbus selama sekitar 1 jam hingga empuk, tapi daging kerbau memerlukan waktu masak antara 90 menit hingga 2 jam.

Daging Kerbau

Walaupun teksturnya daging lebih liat, sajian yang menggunakan daging kerbau tak kalah lezat dengan sajian yang menggunakan daging sapi. Selain itu, kandungan lemak daging kerbau lebih sedikit dibanding daging sapi sehingga daging kerbau mengandung tingkat kolesterol yang lebih rendah.

Resep soto Kudus dengan daging ayam maupun daging kerbau sendiri tak jauh berbeda. Bumbu soto yang digunakan umumnya adalah bawang merah, bawang putih, merica, serai, jahe, daun salam, lengkuas, serta bumbu lain yang sering digunakan dalam soto. Penambahan bumbu penyedap rasa Sapi juga dijamin akan meningkatkan rasa kaldu soto serta daging kerbau. Sedangkan bahan tambahan lain seperti tauge akan menambah kelezatan hidangan soto Kudus dan ditambah pelengkap kerupuk plus sambal akan semakin nikmat disantap.

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *